Wow….,Toyota C-HR Siap Meluncur

Posted on

Dipastikan pihak Toyota Astra Motor, C-HR meluncur (10/4). Penantian penuh pertanyaan sebentar lagi terjawab. Soal spesifikasi detail dan harga C-HR, yang selama ini masih spekulasi dan ekspektasi, terkuak saat peluncurannya. Seperti yang sudah sering diberitakan, Toyota C-HR diimpor utuh dari Thailand (CBU) dan bakal punya spesifikasi yang menyerupai dengan pasar Thailand atau Malaysia.

Spekulasi spesifikasi, seperti yang banyak dibagikan oleh tenaga penjual, C-HR terbilang komplet di kelasnya. Dari sektor keselamatan, misalnya, ada tujuh kantung udara, rem dengan ABS+EBD+BA, vehicle stability control (VSC), traction control (TC), hill start assist (HSA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA) dan blind spot monitoring. Selain itu, C-HR juga punya tombol start/stop untuk menyalakan dan mematikan mesin, rem parkir elektrik, brake hold, cruise control dan layar hiburan 7 inci.

Dari mesin yang digunakan, C-HR langsung menantang Honda HR-V dengan mesin 1,8 liter. Ya, Toyota C-HR bakal memakai mesin 1,8 liter dengan daya 140 PS dan torsi 175 Nm yang dikirim ke penggerak roda depan oleh transmisi CVT 7- speed. Ada tiga mode berkendara: Sport, Normal dan Eco. Yang menarik ada pada suspensi. C-HR memakai independent double wishbone di belakang. Dipercaya jenis itu menyumbang kenyamanan dan kestabilan sekaligus.

Yang mengejutkan, soal harga. Tenaga penjual memberi perkiraan yang bikin kaget, Rp 490 jutaan. Sebagai perbandingan Honda HR-V 1,8 Prestige dibanderol Rp 383 juta dan Rp 404,5 juta untuk versi Mugen R berbalut bodi kit. Saat meluncur pertama kali beberapa tahun silam, HR-V 1,8 Prestige terasa mahal. Apalagi C-HR ini. Terasa jauh lebih mahal meski dengan alasan CBU dan fitur yang lengkap. Pasalnya, banyak yang berharap kalau C-HR benar-benar menyaingi HR-V 1,5 liter dari segi fitur dan harga. Apalagi sempat ramai juga rumor yang beredar soal C-HR bermesin turbo yang akan dijual di Indonesia.

Soal desain tak perlu diragukan. C-HR termasuk mobil tampan yang modern. Bagian wajah sudah mengadopsi bahasa desain modern Toyota. Pintu belakang yang disamarkan menjadikan penampilan C-HR bak coupe 2-pintu. Sedang bagian fender berotot, dengan pelek 17 inci, mempertegas aura crossover SUV. Ada tiga pilihan warna menarik selain dari putih dan hitam. Yang berarti target mobil ini lebih luas. Mulai dari generasi muda bisa cocok memakai C-HR untuk segala aktivitas.

Peluncuran resmi C-HR berdekatan dengan ajang IIMS 2018. Kabarnya, pada IIMS, C-HR jadi pertunjukan spesial di booth Toyota. Berarti pengunjung bisa lebih berkenalan dan bahkan langsung memesan C-HR di sana. (Tom/Odi)

Sumber : oto.com